Bagaimana Menyiapkan Sambal Lado Mudo yang Sempurna

Sambel - 15 May 2020, By admin

Sambal Lado Mudo Lado mudo (sebutan dari orang Padang) adalah salah satu pilihan sambal pelengkap yang dijual di rumah makan Padang. Sambal ini memiliki rasa yang tidak terlalu pedas tapi tetap nikmat. Sambal lado ijo/sambal lado mudo or green chillies sambal is a typical sambal from Padang, West Sumatra.

Pembuatan Sambal Lado Mudo sesungguhnya mirip dengan pembuatan Sambal Lado Mudo pada umumnya. Namun perbedaan dari Sambal Lado Mudo terdapat terhadap bahan dan cara pembuatannya. Lalu bagaimana langkah membuat Sambal Lado Mudo ? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal Lado Mudo yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu menggugah selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari Sambal Lado Mudo, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sambal lado mudo yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sambal lado mudo sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Sambal Lado Mudo memakai 9 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sambal Lado Mudo:

  1. Ambil 250 gram cabe hijau.
  2. Ambil 100 gram cabe rawit merah.
  3. Sediakan 10 siung bawang merah.
  4. Sediakan 5 siung bawang putih.
  5. Gunakan 5 butir tomat hijau kecil.
  6. Ambil 5 lembar daun jeruk.
  7. Siapkan Secukupnya jeruk nipis.
  8. Gunakan Secukupnya garam, penyedap, gula.
  9. Gunakan Secukupnya minyak untuk menumis.
Baca Juga :   Resep Sambel kemangi, Lezat

If you ever go to Padang or Minang restaurant, they will serve the meals with different kind. Selain sambal balado, sambal lado mudo khas Minang juga punya punya rasa yang tak kalah enak. Sambal yang satu ini sering tersaji di rumah makan Minang. Udang balado or Sambal goreng udang is a hot and spicy shrimp dish commonly found in Indonesian cuisine.

Cara menyiapkan Sambal Lado Mudo:

  1. Bersihkan seluruh bahan, kemudian rebus cabe-cabean sampai layu. (kecuali tomat, jeruk nipis dan daunnya). Sebentar aja, sekitar 1-2 menit. Setelah itu keringkan..
  2. Beri food processor/ulekan air perasan jeruk nipis. Lalu masukkan cabe yang sudah layu. Lalu blend sesuai tekstur yang diinginkan..
  3. Panaskan wajan lalu beri minyak agak banyak. Masukkan tomat yang sudang dipotong-potong, masak setengah matang, masukkan daun jeruk, lalu masukkan cabe-cabean..
  4. Bumbui dengan garam, penyedap dan gula sesuai selera..
  5. Jangan terlalu lama masaknya, kira-kira sekitar 5 menit aja. Yang penting cabe terselimuti minyak.
  6. Lalu selesai deh! Jangan lupa untuk selalu koreksi rasa. Selamat mencoba!.
  7. Note: banyaknya bahan bisa disesuaikan ya! Ini aku pakai tomat lebih banyak karena suka sama rasa asam dari tomat. Enak asin, pedas, asam!.

It is made of shrimp, either peeled or unpeeled, stir-fried in hot and spicy sambal paste in small amount of cooking oil. Nah, sambal ijo atau sambal lado mudo sebenarnya juga bisa disantap dengan masakan non-Padang. Disajikan bersama ayam geprek atau nasi putih saja sudah enak, kok.. Sambal Lado Ijo atau Sambal Lado Mudo". Sambal khas Padang ini sungguh memancing selera.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sambal lado mudo yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga :   Resep Cumi jengkol masak sambal 🌶🌶🌶 yang Bisa Manjain Lidah

Terima kasih bibi Adit yang telah mau berbagi Sambal Lado Mudo semoga bermanfaat untuk kita semua , silahkan di praktekan bisa untuk acara arisan atau apa saja , jangan lupa untuk berbagi ke saudara melalui media sosial , misalnya fesbuk

Bagaimana Menyiapkan Sambal Lado Mudo yang Sempurna | admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *