Resep Terang Bulan Pandan Tanpa Mikser Takaran Sendok yang Enak

Martabak - 14 May 2020, By admin

Terang Bulan Pandan Tanpa Mikser Takaran Sendok

Cara membuat Terang Bulan Pandan Tanpa Mikser Takaran Sendok sebenarnya serupa dengan pembuatan Terang Bulan Pandan Tanpa Mikser Takaran Sendok pada umumnya. Namun perbedaan dari Terang Bulan Pandan Tanpa Mikser Takaran Sendok terdapat pada bahan dan cara pembuatannya. Lalu bagaimana cara membuat Terang Bulan Pandan Tanpa Mikser Takaran Sendok ? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Terang Bulan Pandan Tanpa Mikser Takaran Sendok yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat menggugah selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari Terang Bulan Pandan Tanpa Mikser Takaran Sendok, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan terang bulan pandan tanpa mikser takaran sendok enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah Terang Bulan Pandan Tanpa Mikser Takaran Sendok yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Terang Bulan Pandan Tanpa Mikser Takaran Sendok memakai 18 bahan dan 15 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Terang Bulan Pandan Tanpa Mikser Takaran Sendok:

  1. Siapkan BAHAN :.
  2. Ambil 12 sdm tepung terigu biasa.
  3. Gunakan 1/3 sdt garam.
  4. Gunakan 1/2 sdt lebihin sedikit baking powder.
  5. Sediakan 1 butir telur.
  6. Ambil 3 sdm margarin, lelehkan.
  7. Sediakan 10 sdm gula pasir.
  8. Siapkan 1 cangkir air lebihin sedikit.
  9. Ambil 1 sachet Susu Kental Manis merk (Ena**).
  10. Sediakan 1/2 sdt pasta pandan.
  11. Sediakan BAHAN CAMPURAN SODA KUE :.
  12. Sediakan 2 sdm air.
  13. Siapkan 1/3 sdt baking soda.
  14. Ambil 1 sdm gula pasir.
  15. Siapkan TOPPING :.
  16. Ambil sesuai selera Meises atau.
  17. Siapkan Margarin untuk mengoles.
  18. Siapkan Gula untuk taburan.
Baca Juga :   Resep Martabak Manis Cokelat Keju (Martabak Teflon) yang Bikin Ngiler

Cara membuat Terang Bulan Pandan Tanpa Mikser Takaran Sendok:

  1. Di mangkuk besar aduk rata terigu, garam dan baking powder. Sisihkan..
  2. Di sebuah wadah aduk rata air dengan susu kental manis dan pasta pandan. Aduk rata. Sisihkan..
  3. Di sebuah mangkuk pecahkan telur. Beri gula. Kocok dengan whisker (atau sendok kayak aku) sampai gulanya larut dan telur terlihat pucat dan mengembang..
  4. Tuang adonan susu pandan ke adonan kocokan telur secara bertahap sambil diaduk lipat hingga rata..
  5. Tuang campuran pandan tadi ke tengah campuran tepung secara bertahap sambil diaduk searah. Jika agak kurang airnya tambah sedikit. Konsistensinya gak kental dan gak cair kayak di gambar. Aduk sampai gak bergumpal..
  6. Perlahan masukkan margarin leleh sambil diaduk lipat hingga merata. Sisihkan..
  7. Campur gula dan air di Bahan Campuran Baking Soda. Aduk hingga gula larut. Beri baking soda dan aduk rata. Bagi menjadi tiga bagian. Sisihkan..
  8. Panaskan teflon. Beri sedikit olesan margarin yang diratakan ke seluruh permukaan teflon. Panaskan lagi dengan api sedang cenderung kecil. Sesaat sebelum dimasak, ambil satu bagian adonan, beri 1/3 bagian dari campuran baking soda dan aduk rata. Ketika panasnya pas tuang adonan dan mesti berbunyi cess. Tunggu sebentar aja sampai berbuih. Segera kecilkan api. Tutup teflon sambil sesekali agak diputar posisinya biar gak gosong..
  9. Ketika sarang buih sudah terbentuk namun belum terlalu kering, taburi dengan sejumput gula pasir dan tutup lagi sejenak hingga matang sambil posisi teflon sesekali diputar lagi..
  10. Ketika sudah matang, angkat terang bulan. Ketika panas olesi atasnya dengan margarin dan beri topping sesuai selera. Aku pakai meises..
  11. Lipat setengah bagian terang bulan. Potong sesuai selera. Untuk sisa adonan dimasak dalam dua tahapan sesuai langkah yang disebutkan di atas ya !!! 😉.
  12. NOTE 1 : Jadi kunci utamanya di api. Kalau mengikuti resep gak akan ada masalah dengan adonannya. Teknik yang akan menentukan apakah terang bulan kita akan bersarang atau tidak. Sesuai arahannya Suhu @Silva Malexhi 👸, kalau api terlalu kecil bakal jadi pancake dan gak bersarang. Tapi kalau terlalu panas akan mudah gosong. Well, itu terbukti dan baru di percobaan ketiga aku berhasil. 😂.
  13. NOTE 2 : Jadi waktu pertama api sedang cenderung kecil. Pencampuran campuran baking soda mesti di akhir biar bisa aktif dan bikin sarang-sarang cantik. Waktu teflon mulai panas dan panasnya mesti pas dan agak mulai berasap dikit ya, masukkan adonan yang sudah dicampur dengan campuran baking soda dan bunyi "cess.."nya pertanda baik. Waktu mulai terbentuk buih sarang, segera kecilkan api dan tutup teflon..
  14. NOTE 3 : Posisi teflon di kompor mesti diputar sesekali untuk menghindari gosong..
  15. NOTE 4 : Hasil punyaku bersarang lembut nyaris kayak cake dan bagian pinggir dan alasnya crispy kayak crepes harum aroma pandan. Enak deh. 😊.
Baca Juga :   Resep Martabak manis mini teflon, Enak Banget

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan terang bulan pandan tanpa mikser takaran sendok yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Terima kasih bibi Adi yang telah sudi berbagi Terang Bulan Pandan Tanpa Mikser Takaran Sendok semoga bermanfaat untuk kita semua , silahkan di coba bisa untuk acara pesta atau apa saja , jangan lupa untuk berbagi ke teman melalui media sosial , misalnya twiter

Resep Terang Bulan Pandan Tanpa Mikser Takaran Sendok yang Enak | admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *